Monday 5 June 2017

Etika Bangun Tidur




Kultum Puasa ke 10 kali ini membahas tentang "Etika Bangun Tidur"

Ketika kita tidur di malam hari, maka usahakanlah bangun sebelum terbit fajar (untuk melaksanakan sholat malam yang akan disaksikan oleh malaikat malam), dan usahakanlah ketika bangun tidur, pertama kali yang kita ingat adalah Allah  baik dalam hati maupun lisan. Mengingat Allah dengan doa yg diajarkan oleh Rasulullah SAW.:

*الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ.*

*أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ.*

*أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا*

*نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.*
*Artinya:*
"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali"

"kami memasuki pagi, sedang kekuasaan tetap hanyalah milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan milik Allah pula, Tuhan semesta alam. Kami memasuki pagi dengan kesucian Islam dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW. Juga dengan agama Bapak kami Ibrahim dengan berserah diri, serta bukanlah kami termasuk golongan orang-orang musyrik"

"Ya Allah dengan-Mu lah kami memasuki pagi dan sore, dengan-Mu lah kami hidup dan mati dan kepada-Mu lah kami kembali. Ya Allah kami mohon bangkitkanlah kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan keburukan atau mempekerjakan orang islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan".

"kami meminta kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini dan kejelekan yang ada di dalamnya".

Kebiasaan kita setelah bangun tidur adalah memakai baju atau pakaian, oleh karenanya, niatkanlah saat kita memakai baju dengan niat melaksanakan perintah Allah yang berupa menutupi aurat (baik bagi laki-laki maupun perempuan) dan janganlah memakai baju dg niatan untuk dipamerkan kepada orang lain. 

*Mudah2n disetiap langkah dan gerak-gerik, hembusan nasaf, kita bisa meneladani Nabi Muhammad SAW. Sehingga kita dikumpulkan bersama beliau kelak di akhirat. Aamiin.*

Marzuqi, Nunukan, Kaltara.

0 comments:

Post a Comment