Thursday 1 June 2017

Orang-Orang Muttaqin Yang Dijanjikan Allah

Kultum Ramadhan malam ke-6 oleh ustadz Marzuki di Ponpes Nunukan-Kalimantan Utara

Pada  malam ini membahas tentang orang-orang Muttaqin yang dijanjikan surga oleh Allah. Surat Ali Imron Ayat 133-135 an.

وسارعوا إلى مغفرة من ربكم

1. Menafkahkan Hartanya
الذين ينفقو أموالهم في السراء والضراء
Yaitu org yg menafkahkan hartanya dijalan Allah, baik dalam keadaan lapang ataupun sempit. Berbuat baik pada sesamanya terutama kepada kerabatnya dg berbagai bentuk kebaikan (اتقوا النار ولو بشق تمرة).
Di mana fungsi sedekah ada dua, yaitu: (1) Membantu org yg membutuhkannya (2) Sedekah dalam keadaan lapang dan susah menunjukkan ketaqwaan seseorang.

2. Orang Yang Menahan Amarahnya
والكاظمين الغيظ
Yakni ketika iya marah pada seseorang ia menahannya meskipun ia mampu melawannya bukan karena ia lemah.

Rasulullah SAW bersabda:
ليس الشديد بالصراعة، لكن الشديد الذي يملك نفسه عند الغضب.
Org yg berani itu bukan org yg langsung menerkam seseorg, akan tetapi org yg bisa mengendalikan dirinya. Dalam hadist lain dinyatakan :
وروى أحمد أن نحارثة بن قدامة السعدي قال يارسول الله، أوصيني، قال لا تغضب.

Cara mengobati orang marah
رواه أحمد وأبودود عن عطية بن سعد السعدي، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم،  إن الغضب من الشيطان وإن الشيطان هلق من النار ، وانما تطفأ النار بالماء، فإذا غضب أحدكم فليتوضأ.
وروى عبد الرزاق عن أبي هريرة أن النبي صلعم قال من كظم غيظا وهو يقدر على انفاذه، ملأ الله جوفه أمنا وإيمانا.

3. Pemaaf
والعافين عن الناس
Yakni orang yang memaafkan kesalahan org lain, memaafkan orang yang menyakiti dirinya meskipun ia mampu untuk membalasnya. Hal yg demikian adalah posisi seseorang yg kokoh pendiriannya, menunjukkan atas keluasan akal, pikiran dan kekuatan  pribadinya.
Seperti firman Allah:
وإذا غضبوا هم يغفرون.
روى الحاكم والطبراني عن أبي بن كعب أنرسول الله صلى الله عليه وسلم قال من سره أن يشرف له البنيان وترفع له الدرجات، فليعف عمن ظلمه ويعط من حرمه، ويصل من قطعه.
عن بن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله إذا كان يوم القيامة نادى مناد يقول أين العافون عن الناس؟ هلموا إلى ربكم وخذوا أجوركم،  وحق على كل امرئ مسلم إذا عفا أن يدخل الجنة.

4. Allah Mencintai Orang Muhsinin
والله يحب المحسنين.
Yakni dengan menghadapi org yg berbuat buruk dg kebaikan, baik dg memberikan kemanfaatan bagi mereka, atau menghilangkan kesusahan nya, artinya tdik membalas keburukan dg keburukandan jnlah derajat paling tinggi dari pad sebelumnya.

5. Orang Yang Berbuat Zholim
والذين إذا فعلوا فاحشة .
Yakni org yang berbuat zalim pada org lain atau pada Allah, seperti Zina, riba, mencuri, ghibah dll, atau pada dirinya seperti minum khamar dan lainnya, lalu ia ingat terhadap janji dan ancaman Allah, kemudian ia kembali bertaubat kepada Allah dengan taubat nasuha dengan penuh pengharapan Rahmat Allah. Selama dosanya bukan syirik kepada Allah.
Syaratnya Taubah
1. Tidak menetap dalam perbuatan tersebut.
2. Segera bertaubat.
3. Tidak berazam mengulangi lagi,
ومن يعمل سوءا أويظلم نفسه
الم يعلموا ان الله هو يقبل التوبة عن عبده.
Merekalah yg dijanjikan Allah dengan ampuan, selamat dr siksaan, dan akan medpatkan surga, di man di dalamnya terdapat kenikmatan yg abadi, kehilangan yg beragam.
وفيها ما لا عين رأت ولا أذن سمعت ولاخطر على قلب بشر.
Wallahualam bisshowab.

0 comments:

Post a Comment